Hi buat pecinta telur asin
Mungkin selama ini sudah  bosan dan sering makan telur asin yang cuma di rebus saja,berikut ini alternative olahan telur yang layak dicoba karena selain bahannya murah dan mudah didapatkan, selain juga kaya rasa selain gurih, juga ada asem asemnya , ada rasa pedas, dan rasa segar dari daun kemangi...berikut ini resepnya .......cekidot.........:-)


Bahan:
50 gr cabai hijau besar
4 buah cabe merah
8 butir bawang merah
3-4 tomat sayur hijau,
4-6 belimbing wuluh
3 lembar daun salam
4 siung bawang putih
250 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1 sdt gula pasir
6 butir telur asin mentah
daun pisang untuk membungkus
15 gr daun kemangi
lidi untuk menyemat

Cara Membuat
1. Iris serong tipis cabai hijau dan cabai merah, iris tipis bawang merah,belah tomat dan juga belimbing,potong daun salam dan juga cincang halus bawang putih.
2. Taruh santan, gula,dan bawang putih dalam panci, jerang di  atas api sedang,timba timba santan sampai mendidih dan jaga jangan sampai pecah.
3. Pecahkan 1 butir telur dalam mangkuk.Ambil 2 lembar daun pisang,lipat salah satu pojoknya.Taruh potongan daun salam,belimbing sayur,tomat sayur dan daun kemangi di bagian tengah daun.
4. Tuangi telur asin dan 3 sd 4 sdm santan berbumbu diatasnya.Taburi dengan cabai dan bawang merah iris.Bungkus rapat bentuk tum ,semat ujungnya dengan lidi.Lakukan yg sama untuk sisa telur dan bumbu.
5.Taruh bungkusan dalam dandang,kukus hingga telur dan bumbu matang -/+30 menit.
6. Angkat dan sajikan hangat, hias dengan  irisan cabe merah dan tomat supaya tampilan lebih fresh atau sesuai selera.

Note: bisa juga di kukus dengan menggunakan mangkok /pireks karena lebih praktis tapi rasa dan aroma lebih mantap dengan daun pisang.


0 comments:

Enregistrer un commentaire